Lompat ke konten

Elektron Valensi: Pengertian, Cara Menghitung, Contoh Soal

Elektron valensi adalah elektron yang terdapat di kulit terluar suatu atom. Elektron ini sangat penting karena menentukan sifat-sifat senyawa dan elemen kimia. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang pengertian, cara menghitung, dan beberapa contoh soal terkait elektron valensi.

Poin Utama

  • Elektron valensi adalah elektron yang terdapat di kulit terluar suatu atom.
  • Elektron valensi menentukan sifat-sifat senyawa dan elemen kimia.
  • Jumlah elektron valensi dapat dihitung dengan melihat posisi suatu elemen dalam tabel periodik.

Artikel Utama

Pengertian Elektron Valensi

Elektron valensi adalah elektron yang terdapat di kulit terluar suatu atom. Elektron ini menentukan sifat-sifat senyawa dan elemen kimia, seperti reaktivitas, keelektronegatifan, dan polaritas.

Cara Menghitung Elektron Valensi

Jumlah elektron valensi dapat dihitung dengan melihat posisi suatu elemen dalam tabel periodik. Untuk menghitung jumlah elektron valensi, kita perlu melihat golongan elemen.

  • Untuk elemen pada golongan 1A hingga 2A, jumlah elektron valensi adalah jumlah golongan tersebut.
  • Untuk elemen pada golongan 3A hingga 8A, jumlah elektron valensi adalah selisih antara nomor golongan dengan 10.

Contohnya, pada golongan 2A (belerang), jumlah elektron valensi adalah 2. Sedangkan pada golongan 6A (oksigen), jumlah elektron valensi adalah 6 – 10 = 4.

Contoh Soal Elektron Valensi

  1. Berapa jumlah elektron valensi pada unsur magnesium (Mg)? Jawaban: Magnesium terletak pada golongan 2A. Jumlah elektron valensinya adalah 2.

  2. Berapa jumlah elektron valensi pada unsur klorin (Cl)? Jawaban: Klorin terletak pada golongan 7A. Jumlah elektron valensinya adalah 8 – 7 = 1.

  3. Berapa jumlah elektron valensi pada unsur neon (Ne)? Jawaban: Neon terletak pada golongan 8A. Jumlah elektron valensinya adalah 8.

BACA JUGA  Materi Gerak Parabola: Rumus dan Contoh Soal

Kesimpulan

Elektron valensi adalah elektron yang terdapat di kulit terluar suatu atom, yang menentukan sifat-sifat senyawa dan elemen kimia. Jumlah elektron valensi dapat dihitung dengan melihat posisi elemen dalam tabel periodik, dengan aturan jumlah elektron valensi pada golongan 1A hingga 2A sama dengan jumlah golongan, dan pada golongan 3A hingga 8A adalah selisih antara nomor golongan dengan 10.

FAQ

Apa itu elektron valensi?

Elektron valensi adalah elektron yang terdapat di kulit terluar suatu atom.

Mengapa elektron valensi sangat penting?

Elektron valensi sangat penting karena menentukan sifat-sifat senyawa dan elemen kimia, seperti reaktivitas, keelektronegatifan, dan polaritas.

Bagaimana cara menghitung jumlah elektron valensi?

Jumlah elektron valensi dapat dihitung dengan melihat posisi suatu elemen dalam tabel periodik. Untuk itu, perlu diketahui aturan jumlah elektron valensi pada golongan 1A hingga 2A sama dengan jumlah golongan, dan pada golongan 3A hingga 8A adalah selisih antara nomor golongan dengan 10.

Apa saja sifat-sifat senyawa dan elemen yang ditentukan oleh elektron valensi?

Sifat-sifat senyawa dan elemen yang ditentukan oleh elektron valensi antara lain reaktivitas, keelektronegatifan, dan polaritas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *