Lompat ke konten

Materi News Item Text dan Contohnya

Poin Utama

  • News Item Text adalah genre teks yang menginformasikan pembaca mengenai peristiwa yang terjadi secara aktual.
  • Struktur News Item Text didasarkan pada lima unsur yaitu Who, What, When, Where, dan How.
  • News Item Text biasanya dipublikasikan dalam format berita singkat pada media massa, seperti koran atau website berita.

Pendahuluan

Apakah Anda pernah membaca berita singkat dalam kolom artikel sebuah koran atau website berita? Itulah yang disebut dengan News Item Text. News Item Text adalah genre teks yang menginformasikan pembaca mengenai peristiwa yang terjadi secara aktual. Dalam artikel ini, kita akan membahas materi News Item Text dan memberikan contohnya.

Materi News Item Text

News Item Text biasanya dipublikasikan dalam bentuk berita singkat di media massa, seperti koran atau website berita. Fokus dari News Item Text adalah menyampaikan informasi dengan cepat dan akurat. Untuk itu, struktur News Item Text sangatlah penting.

Unsur Struktur News Item Text

Struktur News Item Text terdiri dari lima unsur, yaitu sebagai berikut:

  1. Who (Siapa yang terlibat?)
  2. What (Apa yang terjadi?)
  3. When (Kapan peristiwa itu terjadi?)
  4. Where (Di mana peristiwa itu terjadi?)
  5. How (Bagaimana peristiwa itu terjadi?)

Contoh News Item Text

1. Contoh 1

Judul: Ledakan di Gudang Kembang Api di Surabaya

Who: Karyawan di Gudang Kembang ApiWhat: Ledakan di Gudang Kembang ApiWhen: Senin, 14 September 2022, pukul 10 pagiWhere: Jalan Raya Surabaya, tepatnya di Gudang Kembang ApiHow: Diduga akibat kesalahan dalam proses produksi

BACA JUGA  Teks Naratif: Membedah Beragam Jenis Teks Naratif dan Penggunaannya di Kehidupan Sehari-hari

2. Contoh 2

Judul: Joko Widodo Diundang ke Acara Peresmian Gedung Baru Kampus Universitas Airlangga

Who: Joko Widodo dan civitas akademika Universitas AirlanggaWhat: Acara peresmian gedung baru kampus Universitas AirlanggaWhen: Kamis, 10 November 2022, pukul 13.30 WIBWhere: Kampus Universitas Airlangga, SurabayaHow: Undangan resmi yang diterima oleh Joko Widodo

Kesimpulan

News Item Text sangat diperlukan dalam publikasi berita aktual di media masa. Struktur News Item Text yang tepat dan akurat dapat memudahkan pembaca dalam memperoleh informasi yang diinginkan dengan cepat. Dengan menguasai materi News Item Text, Anda dapat menulis teks berita singkat yang efektif dan informatif.

FAQ

Q: Bagaimana cara menentukan strategi penulisan News Item Text yang tepat?

A: Salah satu cara terbaik adalah dengan memisahkan lima unsur utama pada News Item Text. Setelah itu, menambahkan informasi tambahan untuk memperkaya isi berita.

Q: Apa skill yang perlu dimiliki untuk menulis sebuah berita?

A: Beberapa keterampilan penting yang harus dimiliki oleh seorang penulis berita termasuk kemampuan menulis yang baik, kemampuan investigasi dan riset, serta kecakapan dalam menganalisis dan menyajikan informasi secara efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *