Lompat ke konten

Tujuan NKRI: Mempertahankan Kesatuan Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan luas wilayah yang sangat besar serta memiliki berbagai ragam suku dan budaya yang berbeda-beda. Hal ini menyebabkan tantangan besar dalam menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia. Oleh karena itu, dibentuklah Tujuan NKRI atau Tujuan Nasional Indonesia yang dimaksudkan untuk mempertahankan kesatuan Indonesia.

Poin Utama:

  • Tujuan NKRI merupakan sebuah panduan dan pedoman bagi masyarakat Indonesia untuk menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia dengan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara.
  • Tujuan NKRI memiliki empat pilar utama yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI yang berdasarkan atas hukum.
  • Melalui implementasi Tujuan NKRI, Indonesia dapat membangun kekuatan dan keutuhan bangsa serta memajukan Indonesia sebagai negara yang mandiri dan berdaulat.

Pendahuluan

Terbentang di seluruh nusantara, Indonesia memiliki beragam suku, budaya, dan bahasa. Namun, Indonesia juga memiliki satu tujuan yang sama, yaitu mempertahankan kesatuan dan keutuhan negara, yang diwujudkan dalam Tujuan NKRI.

Indonesia telah memperjuangkan kemerdekaannya selama bertahun-tahun dengan mengorbankan jiwa dan raga. Oleh karena itu, sebagai masyarakat yang hidup dalam negara yang merdeka, kita memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan dan mengembangkan Indonesia yang maju dan sejahtera. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan menjunjung Tujuan NKRI.

Mengenal Tujuan NKRI

Tujuan NKRI merupakan panduan untuk semua warga negara Indonesia dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Tujuan NKRI terdiri atas empat pilar utama, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI yang berdasarkan atas hukum.

BACA JUGA  Otonomi Daerah: Pemberian Kewenangan pada Pemerintahan Daerah

Pancasila merupakan dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia yang berisi lima nilai dasar, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

UUD 1945 merupakan konstitusi tertulis yang menjadi dasar hukum dalam penyelenggaraan negara dan pemerintahan Indonesia. Di dalam UUD 1945 terdapat beberapa pasal yang mengatur tentang hak dan kewajiban warga negara.

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan resmi Indonesia yang berarti “Berbeda-beda tetapi tetap satu”. Semboyan ini mengandung makna bahwa meskipun bangsa Indonesia memiliki beragam etnis, bahasa, agama, dan budaya, namun tetap bersatu dalam suatu negara, yaitu Indonesia.

NKRI yang berdasarkan atas hukum merupakan konsep negara yang menjunjung tinggi supremasi hukum dan sebuah negara hukum.

Melalui keempat pilar tersebut, Tujuan NKRI bertujuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia, membangun kekuatan dan keutuhan bangsa, serta memajukan Indonesia sebagai negara yang mandiri, berdaulat, adil dan makmur.

Implementasi Tujuan NKRI

Implementasi Tujuan NKRI dapat dilakukan melalui penyadaran dan penerapan pada diri masing-masing warga negara Indonesia, mulai dari hal-hal kecil seperti menghargai perbedaan suku, budaya, dan agama, hingga hal-hal besar seperti memperjuangkan kepentingan bangsa dan negara dalam skala nasional dan internasional.

Selain itu, implementasi Tujuan NKRI juga dapat dilakukan melalui pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Pendidikan dapat memainkan peran penting dalam membentuk generasi muda yang memiliki kesadaran tentang Tujuan NKRI dan tanggung jawab untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa.

Kesimpulan

Tujuan NKRI merupakan pedoman bagi masyarakat Indonesia dalam mempertahankan kesatuan dan keutuhan Indonesia dengan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Melalui implementasi Tujuan NKRI, Indonesia dapat membangun kekuatan dan keutuhan bangsa serta memajukan Indonesia sebagai negara yang mandiri dan berdaulat. Mari kita merefleksikan Tujuan NKRI dalam kehidupan kita sehari-hari dan memperjuangkan kepentingan bangsa dan negara untuk membangkitkan rasa nasionalisme.

BACA JUGA  Manfaat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

FAQ

Apa yang dimaksud dengan Tujuan NKRI?

Tujuan NKRI adalah panduan dan pedoman bagi masyarakat Indonesia untuk menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia dengan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara.

Apa saja pilar Tujuan NKRI?

Tujuan NKRI memiliki empat pilar utama yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI yang berdasarkan atas hukum.

Bagaimana implementasi Tujuan NKRI dapat dilakukan?

Implementasi Tujuan NKRI dapat dilakukan melalui penyadaran dan penerapan pada diri masing-masing warga negara Indonesia, mulai dari hal-hal kecil seperti menghargai perbedaan suku, budaya, dan agama, hingga hal-hal besar seperti memperjuangkan kepentingan bangsa dan negara dalam skala nasional dan internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *