Lompat ke konten

VERBA RELASIONAL: Menggali Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Jika Anda pernah belajar bahasa Inggris atau pendekatan linguistik lainnya, mungkin Anda pernah mendengar istilah ‘verb relasional.’ Istilah ini mengacu pada jenis kata kerja dalam bahasa Inggris yang menghubungkan subjek dengan informasi tambahan, seperti status atau karakteristik subjek. Namun, terlepas dari popularitas Verb Relasional di antara pembelajar bahasa Inggris, istilah ini tidak terlalu dikenal di kalangan penutur bahasa Indonesia yang tidak begitu memperhatikan pada kategori kata kerja dalam bahasa mereka. Untuk itulah artikel ini hadir dengan tujuan menggali lebih dalam tentang Verb Relasional, terutama pengertian, ciri, jenis, dan contohnya.

Poin Utama

  • Verb relasional adalah jenis kata kerja yang menghubungkan subjek dengan informasi tambahan tentang subjek, seperti status atau karakteristik.
  • Verb relasional sangat penting dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya karena membantu menyampaikan arti yang lebih tepat.
  • Beberapa contoh jenis verb relasional yang umum dikenal adalah Like, Is, Hear, see dan lain-lain.
  • Mengetahui verb relasional dan fungsinya sangat penting bagi siapa saja yang ingin mempelajari bahasa Inggris atau bahasa lainnya secara lebih mendalam.

Pengertian Verb Relasional

Secara sederhana, verb relasional merupakan jenis kata kerja yang menghubungkan subjek dengan informasi tambahan tentang subjek, seperti status atau karakteristik. Dalam bahasa Inggris, verb relasional sering digunakan untuk memberikan informasi tentang keadaan suatu benda atau orang yang dimaksud. Verb relasional sering kali berperan sebagai ‘verb pembantu,’ dimana ia digunakan untuk membantu menunjukkan status, hubungan, atau karakteristik subjek.

BACA JUGA  Kalimat Simpleks: Konsep Dasar dan Implikasi pada Komputasi Bahasa

Ciri-ciri Verb Relasional

Berikut adalah ciri-ciri dari verb relasional:- Verb ini digunakan untuk menghubungkan subjek dengan informasi tambahan tentang subjek.- Verb ini stoatif dan tidak dapat diverbalisasi, artinya tidak mungkin mendapatkan objek.- Verb ini bisa berdiri sendiri atau dapat digunakan dalam sebuah klausa.- Banyak verb relasional yang tidak memiliki makna yang jelas namun perlu untuk menyampaikan informasi tambahan tentang subjek secara implisit.- Verb relasional adalah bagian penting dari kalimat, baik tertulis maupun lisan, dan membantu menyampaikan arti yang lebih tepat.

Jenis-jenis Verb Relasional

Berikut adalah beberapa jenis verb relasional yang dikenal:- “Be” Verb ini biasa digunakan sebagai bentuk to be yang khas, seperti “am”, “is”, “are”, “was”, dan “were”. Verb ini sering digunakan untuk memberikan informasi tentang keadaan subjek.- “Look” Verb ini digunakan untuk memberikan informasi tentang penampilan, tampilan, atau suasana suatu hal.- “Like” Verb ini digunakan untuk mengekspresikan kesukaan atau preferensi subjek.- “Seem” Verb ini digunakan untuk menunjukkan kemungkinan atau kesan subjek.- “Feel” Verb ini digunakan untuk mengekspresikan perasaan atau kondisi fisiologis subjek.

Contoh-contoh Penggunaan Verb Relasional

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan verb relasional dalam kalimat:- “He is a teacher”- “I feel tired”- “She seems happy”- “They look tired”- “I don’t like ice cream”

Kesimpulan

Verb relasional adalah jenis kata kerja yang penting dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya. Jenis kata kerja ini membantu menyampaikan informasi yang lebih tepat tentang subjek dan memberikan nuansa pada kalimat. Dengan mengetahui verb relasional dan fungsinya, pembelajar bahasa dapat lebih memahami bahasa Inggris atau bahasa lainnya dengan lebih baik.

FAQ

Apakah verb relasional hanya ditemukan dalam bahasa Inggris?

Tidak, konsep verb relasional juga dapat ditemukan dalam bahasa lain seperti Spanyol dan Perancis.

BACA JUGA  Teks Eksplanasi Sosial: Pengertian dan Contoh

Apakah verb relasional selalu ditemukan dalam klausa?

Tidak, verb relasional juga dapat berdiri sendiri di dalam kalimat.

Apakah verb relasional sama dengan kata sambung dalam bahasa Indonesia?

Tidak, meskipun verb relasional dapat menghubungkan dua elemen dalam kalimat, ia tetap merupakan jenis kata kerja dan memiliki peran yang berbeda.

Apa yang membedakan verb relasional dengan jenis kata kerja lainnya?

Verb relasional memiliki beberapa ciri khas seperti tidak dapat diverbalisasi dan digunakan untuk menyampaikan informasi tambahan tentang subjek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *